Jumat, 07 Maret 2008

Peranan Busana Dalam Menunjang Kinerja

Busana adalah segala sesuatu yang kita pakai dari mulai ujung rambut sampai ujung kepala. Hal itu berarti busana bukan hanya baju – melainkan segala accessories yang melekat di tubuh manusia. Tidak hanya sebagai syarat keindahan seseorang, busana juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kesusilaan dan kesehatan.

Dalam dunia bisnis, selain skill dan pengalaman kerja, busana juga memegang peranan penting dalam menunjang kinerja seseorang. Hal itu karena:

1. Busana dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Dari cara berbusananya, kita dapat melihat karakteristik seseorang. Apakah dia tipe orang yang periang, atau serius dan lain sebagainya.

2. Busana dapat menciptakan kesan tertentu terhadap si pemakai.

Dengan berbusana, maka seseorang dapat menciptakan kesan yang ingin orang lain tangkap. Misalnya: untuk menciptakan kesan glamour, maka seseorang menggunakan busana yang bermerek dan terkesan mahal.

3. Busana dapat membuat seseorang diterima di lingkungan pekerjaan.

Ada beberapa perusahaan, dimana para karyawannya tidak suka dengan busana tertentu. Misalnya karyawan PT. X tidak suka melihat ada karyawati yang memakai rok ketat dan pendek. Ketika ada karyawati yang memakai busana seperti itu, maka ia tidak akan diterima dalam pergaulan di perusahaan tersebut. Namun ada juga beberapa perusahaan yang menuntut karyawati-karyawatinya untuk menggunakan rok (meskipun tidak ketat dan pendek).

4. Busana dapat menutupi kelemahan fisik seseorang.

Motif atau corak pakaian, model busana dan accessories dapat menutupi kelemahan fisik yang ada di tubuh pemakainya. Oleh karena itu, dengan menggunakan perpaduan yang tepat, maka dapat menciptakan kepercayaan diri bagi si pemakai.

Selain empat faktor diatas, sebenarnya masih banyak lagi fungsi busana. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk tidak sekedar berbusana asal-asalan, namun juga harus memperhatikan beberapa aspek seperti postur tubuh, warna kulit, image yang ingin ditampilkan dan kebudayaan perusahaan, namun tetap menampilkan kepribadian diri sendiri.

Tidak ada komentar: