Jumat, 07 Maret 2008

Corak Busana

Corak busana menjolok sebaiknya diletakkan pada bagian yang menarik dari tubuh. Misal :

Bagian pinggang kebawah gemuk dan kurang ideal, kenakan warna polos dan kenakan corak meriah untuk mengaksentuasi bagian yang ramping.

Corak garis horisontal akan melebarkan tubuh dan sebaliknya yang vertikal akan merampingkan dan meninggikan tubuh kita. Tubuh yang mungil akan tenggelam dengan corak yang lebar

Garis horisontal dalam tipuan mata (optical illusion)
Garis horisontal pada tipuan mata, memberi kesan badan bertambah lebar, baik dipakai untuk orang yang kurus tinggi.

Garis Vertikal dan horizontal dalam tiupan mata. seorang yang tinggi kurus ingin terlihat agak gemuk dan pendek, dapat mengambil garis vertikal dan horizontal, misalnya garis vertikal pada bagian tengah dan garis horizontal pada bagian dada dengan leher yang berbentuk persegi. dibandingkan dengan yang tidak mempunyai garis horizontal, sehingga memberi kesan lebih tinggi.

Pemakaian corak garis vertikal akan memberi kesan lebih tinggi dan corak garis horizontal akan memberi kesan pendek dan gemuk. bentuk-bentuk pola (motif) pada sebuah rancangan busana amatlah relatif sekali sifatnya

motif-motif sebenarnya tidaklah terlalu banyak mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. tetapi motif lebih banyak mengungkapkan perasaan hati, keinginan dan kesempatan, begitu juga waktu. juga pengaruh motif banyak bergantungpada latar belakang (seperti warna) dan posisi dapat atau jarang dari motif itu sendiri ditempatkan.

Karena menonjolkan bentuk dari pola, juga dengan tujuan untuk mencapai keselarasan dengan bentuk tubuh si pemakai, maka ada baiknya motif yang kecil-kecil dipakai oleh orang yang bentuk tubuhnya kecil, seperti onde-onde, bintik-bintik, bunga kecil-kecil. hal ini lebih ditekankan untuk siang hari.

untuk orang dengan bentuk tubuh besar, sebaiknya mengambil motif yang besar. motif yang besar akan memberi kesan yang agung, mantap baik dipakai untuk semua orang di malam hari.



Tidak ada komentar: